NPM

KELAS : 4KA07
NPM : 10113329

Jumat, 22 Januari 2016

LAPORAN PENELITIAN

VI     LAPORAN PENELITIAN

Analisis dan Perancangan

3.1 Tinjauan Umum

3.1.1 Sejarah Singkat Perpustakaan

Perpustakaan SMA 1 JAYA dibangun pada tanggal 4 Agustus 1995.
           
3.1.2 Alur Sistem Peminjaman dan Pengembalian

a)      Sistem peminjaman
Peraturan umum peminjaman:
1.                  Menggunakan KTM/kartu Perpustakaan milik sendiri.
2.                  Peminjaman koleksi dapat diperpanjang minimal sehari sebelum jatuh tempo kecuali koleksi tersebut dipesan oleh pengguna lain.

Prosedur peminjaman koleksi bagi Mahasiswa:
1.                  Tulis nomer ID NIM di buku.
2.                  Menginput nama peminjam pada web.
3.                  Menginput judul buku dan kode buku yang dipinjam siswa.
                  
b)      Sistem Pengembalian Koleksi
Ketentuan umum peminjaman :
1.                  Buku yang dikembalikan berasal dari buku yang dipinjam di perpustakaan SMA 1 JAYA.

Prosedur pengembalian buku :
1.                  siswa aktif/anggota baca menyerahkan koleksi yang dipinjam kepada petugas.
2.                  Kemudian petugas akan menginput judul dan kode buku.
3.                  Petugas juga akan memeriksa jadwal pengembalian.
4.                  Jika pengembalian melebihi batas waktu jadwal pengembalian maka akan masuk ke proses denda, jika tidak maka petugas akan mencoret tanggal pengembalian. Petugas juga akan menyimpan data buku yang sudah dikembalikan.
5.                  Selanjutnya siswa ingin meminjam kembali maka siswa aktif/anggota baca akan masuk ke proses peminjaman.
6.                  Jika tidak, maka proses tersebut aka selesai.

c)      Sistem denda
Ketentuan umum sistem denda :
1.      Buku yang terlambat/ melebihi batas waktu dikembalikan oleh siswa aktif/ anggota baca mempunyai denda keterlambatan tiap hari adalah Rp 1000,-

Bagi yang merusakkan atau menghilangkan koleksi diberikan sanksi sebagai berikut:
1.      Wajib mengganti koleksi yang sama dan ditambah dengan mengganti biaya pengolahan sebesar Rp 2.000,- tiap buku.

            Surat peringatan ( bila diperlukan ) akan diterbitkan dengan ketentuan:
·         Surat peringatan I, kepada siswa/alumni/anggota baca terlambat sampai 1 bulan.
·         Surat peringatan II kepada siswa yang tidak mengindahkan surat Peringatan I.

Prosedur denda :
1.      Siswa menyerahkan buku yang terlambat kepada Petugas.
2.      Kemudian Petugas menghitung denda berdasarkan jeda waktu terlambat.
3.      Petugas menyesuaikan berapa yang harus dibayar sesuai dengan ketentuan umum.
4.      Petugas menyerahkan laporan denda yang harus dibayar kepada siswa.
5.      Siswa membayar denda pada Petugas..
6.      Petugas menerima pembayaran denda.
7.      Petugas menginputkan data pembayaran denda.
8.      Keluar data berupa laporan denda.
9.      Kemudian Petugas menyimpan laporan pembayaran denda di storage perpustakaan SMA 1 JAYA.

3.2 Analisis Sistem

Analisis sistem merupakan tahapan paling awal dari pengembangan sistem yang menjadi dasar untuk menentukan keberhasilan sistem informasi nantinya.

3.2.1 Analisi Kelemahan Sistem

Analisis terhadap kelemahaan sistem dipandang dari beberapa aspek yaitu kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan penduduk. Analisis ini dikenal dengan PIECES analisis (performance, information, economy, control, efficiency dan service).

3.2.2 Analisis Kebutuhan

Proses pembuatan dan implementasi sistem membutuhkan beberapa aspek analisis kebutuhan. Berikut uraiannya :

1. Kebutuhan Perangkat Keras

Terdiri dari kebutuhan perangkat keras selama pembuatan program dan kebutuhan untuk implementasi program

2. Kebutuhan Perangkat Lunak

Perangkat lunak terdiri dari perangkat lunak untuk pembuatan program dan mengimplementasikan program.

3. Kebutuhan Informasi

Kebutuhan informasi sebagai keluaran/output yang akan dihasilkan dari sistem Perpustakaan SMA 1 JAYA  meliputi laporan-laporan disajikan dalam file .pdf.

4. Kebutuhan Pengguna

Terdiri dari kebutuhan untuk Pustakawan dan Organisasi pengelola

3.2.3 Analisis Kelayakan

Analisis kelayakan merupakan suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan apakah kebutuhan sistem layak untuk dilanjutkan menjadi sebuah sistem atau tidak.Untuk memastikan sistem ini bisa diteruskan menjadi proyek yang menguntungkan maka proposal proyek harus dievaluasi kelayakannya dari berbagai segi kelayakan antara lain :

a. Kelayakan Teknis
b. Kelayakan Operasional
c. Kelayakan Ekonomi
d. Kelayakan Hukum

3.3 Perancangan Sistem

3.3.1 Perancangan Proses

Permodelan proses adalah cara formal untuk menggambarkan bagaimana bisnis beroperasi, mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah di antara aktivitas-aktivitas itu. Cara yang popular adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD).

3.3.1.1 Diagram Konteks
                                                                                                                                Laporan data buku
Oval: SISTEM
INFORMASI
PERPUSTAKAAN
                                                                                                                                                                                                Laporan data anggota
                                                          Data buku                                                                                                          Laporan data peminjaman

ANGGOTA

 

ANGGOTA
 
                                                                                                                                                                                                Laporan data engembalian
 


                                                           
                                                    Registrasi member                                                                       Data buku
                                                                                                                                                                                                Data Anggota
                                                                                                                                                                                                Data Peminjaman
                                                                                                                                                                                                Data Pengembalian






                    3.3.1.2 Data Flow Diagram

Oval: mengaksesOval: Pengolahan data pengembelia

Oval: Pengolahan data bukuOval: Pengolahan data anggota

Oval: Pengolahan data peminjaman

ANGGOTA
 
                                                                                                                                               Informasi

















3.3.2 Perancangan Tabel Database

Menggambarkan perancangan tabel-tabel dalam database, seperti : tabel data petugas, tabel data buku, tabel data peminjaman dan lain-lain.

3.3.3 Hubungan Antar Tabel

Menjelaskan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan tabel yang lainnya yang berfungsi untuk mengatur operasi suatu database.

3.3.4 Perancangan Interface

Perancangan Interface bertujuan agar sistem yang dihasilkan terlihat lebih menarik dan mudah dimengerti pada saat operasi. Berikut rancangan interface pengguna umum, input dan output.

3.3.4.1 Rancancangan Pengguna Umum

Halaman pertama kali yang akan muncul adalah halaman home. Pada halaman utama sistem terdapat lima Menu, yaitu : Home, Profil dan Koleksi Buku

3.3.4.2 Rancangan Halaman input

Terdiri dari gambar perancangan halaman form input data buku, anggota dan lain-lain.

3.3.4.3 Rancangan Halaman output

Terdiri dari perancangan tampilan laporan anggota dan peminjaman.



V         IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN


5.1 Uji Coba Sistem dan Program

5.1.1 Uji Coba Black Box

Uji coba sistem ini adalah pengetesan aplikasi secara menyeluruh dan dilakukan untuk mencari kesalahan dan kelemahan yang mungkin terjadi. Form yang diuji adalah formlogin anggota, input data buku dan registrasi member.

5.1.2 Uji Coba White Box

White box testing adalah cara pengujian dengan melihat ke dalam modul untuk menelitikode-kode program yang ada, dan menganalisis apakah ada kesalahan atau tidak. Skenario pengujian white box yang dilakukan ialah :
1. Merubah salah satu baris script pada halaman buku.
2. Simpan script yang telah dirubah kemudian reload halaman buku.


5.2 Manual Program

Pembuatan manual program dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan atau mengoperasikan sistem yang diusulkan sekaligus sebagai penuntun bagi pemakai yang akan menggunakannya.

5.3 Manual Instalasi

5.3.1 Instalasi Program Offline

Instalasi program offline atau local area adalah instalasi didalam komputer stand alone. Sehingga website bisa dijalankan tetapi hanya lingkup local area, tidak bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

5.3.2 Instalasi Program Online

Instalasi program online adalah instalasi kedalam. Sehingga website bisa dijalankan dan diakses oleh banyak orang melalui internet.

5.4 Pemeliharaan Sistem

Pemeliharaan sistem perlu dilakukan agar sistem tidak rusak. Pemeliharaan dilakukan dengan meng-copy atau menduplikasi file atau membackup data. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika suatu saat sistem mengalami kerusakan.

5.5 Pembahasan

5.5.1 Pembahasan Listing Program

Listing program merupakan proses implementasi dimana dilakukan pengkodean berdasarkan hasil rancangan perangkat lunak yang telah dibuat hingga berbentuk dalam sebuah sistem. Termasuk didalamnya adalah listing program untuk Koneksi Database, Pembuatan Database, pembuatan tabel-tabel yang digunakan untuk sistem perpustakaan ini.

5.5.2 Pembahasan Basis Data

Untuk membuat dan mengelola database penulis menggunakan phpmyadmin untuk mengimplementasikan data base yang dirancang pada bab sebelumnya. Untuk membuat database bisa dibuat dengan menuliskan nama dan base dan nama tabel.

5.5.3 Pembahasan Halaman Antar Muka

Listing program dari sisi user interface meliputi listing untuk Proses menampilkan data, Proses insert data, Proses update data dan Proses delete data.



VI        PENUTUP

6.1 Kesimpulan

Setelah melihat hasil analisa, perancangan dan implementasi yang telah dilakukan maka dibuat kesimpulan, yaitudengan adanya “Sistem Informasi Perpustakaan di SMA 1 JAYA, maka permasalahan-permasalahan yang muncul dapat ditekan seminimal mungkin, terutama pada proses sirkulasi buku.

6.2 Saran

Agar program ini dapat diakses dari semua internet browser, maka perlu diadakan beberapa perbaikan dan pengembangan, yang untuk saat ini belum dapat dilaksanakan karena sangat terbatasnya waktu yang tersedia. Perbaikan dan pengembangan itu diantaranya :

1. Dibuatnya tampilan – tampilan yang lebih baik dan lebih interaktif, sehingga dapat menarik perhatian untuk mengunjungi web ini .
2. Penyempurnaan atau penambahan fitur-fitur yang ada sehingga sistem informasi ini bisa lebih sempurna.
3. Memperbanyak dan memperbesar kapasitas database, dikarenakan jumlah data buku yang ada sangat banyak



repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_11.21.0574.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar