Sebuah organisasi harus membutuhkan perubahan agar dapat
berkembang lebih maju dari sebelumnya, tetapi terkadang perubahan juga dapat
menghasilkan efek yang buruk bagi suatu organisasi. Terdapat dua faktor yang
dapat menyebabkan perubahan pada sebuah organisasi yaitu :
- Faktor
internal : faktor yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri.
Contohnya
masalah keuangan atau bisa juga masalah antar anggota di organisasi tersebut.
- Faktor
eksternal : penyebab yang berasal dari luar organisasi tersebut.
Contohnya
faktor ekonomi, dan faktor perkembangan teknologi.
·
Proses terjadinya perubahan
- Mengadakan pengkajian
- Mengadakan identifikasi, maksudnya mengidentifikasi perubahan yang terjadi secara teliti dan cermat.
- Mengadakan perubahan, harus benar-benar yakin bahwa dalam hal ini perubahan memang harus diambil untuk meningkatkan mutu organisasi
- Menentukan strategi, setelah perubahan dilakukan, maka dibutuhkan strategi dalam menjalankan perubahan tersebut
- Melakukan evaluasi, mengevaluasi apakah hasil perubahan tersebut baik atau tidak bagi organisasi
·
Ciri-ciri perkembangan organisasi yaitu :
- Merupakan strategi terencana.
- Merupakan kolaborasi antar berbagai pihak yang terkena dampak dari perubahan organisasi tersebut.
- Menekankan cara-cara baru yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam organisasi
- Mengandung nilai-nilai humanistik yang berarti potensi perkembangan manusia menjadi hal yang sangat penting.
- Melakukan pendekatan komitmen.
- Menggunakan pendekatan ilmiah
·
Tujuan dari perkembangan pada organisasi
diantaranya :
1. Menciptakan
keharmonisan
2. Menciptakan
kemampuan terutama ketika organisasi tersebut berada dalam masalah
3. Meningkatkan
wawasan lingkungan
4. Meningkatkan
kualitas, salah satunya kualitas SDM
5. Mensejahterahkan
lingkungan, bukan hanya mensejahterahkan organisasi tersebut tapi juga
lingkungan sekitarnya
6. Menciptakan
keterbukaan
·
Langkah-langkah perubahan organisasi :
- Increase Urgency.
- Build The Guilding Team yang mempunyai arti membuat kelompok yang dapat memandu menuju proses perubahan.
- Get The Right Version, mempunyai visi yang jelas untuk melakukan perubahan.
- Communicating for Buy In, visi yang ingin dicapai oleh organisasi harus terkomunikasi dengan baik dan terarah sehingga dapat diterima oleh semua jajaran yang ada.
- Empower Action, mempunyai kekuatan untuk mengatasi masalah yang timbul.
- Create Short Term Win, meraih kemenangan kecil terlebih dahulu sebelum menuju kemenangan yang besar.
- Don’t Let Up, Jangan berhenti sebelum mencaai misi yang diinginkan untuk organisasi.
- Make Change Stick, memastikan ada budaya yang tertanam di dalam organisasi jadi budaya perubahan benar-benar tertanam dari bawah.
Pertanyaan Beserta
Penjelasan Tentang Materi Ini
Pertanyaan
1
Bagaimana
cara meningkatkan Sense Of Urgancy?
Jawab
:
Meningkatkan
sense of urgency dengan cara menunjukkan fakta/data sebagai bukti bahwa
organisasi tersebut memang membutuhkan perubahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar