5 contoh sosial media, fitur unggulan, dan aktifitas terbanyak yang dapat
dilakukan dengan medsos tersebut
1)
Facebook
Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan
situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang
sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau
ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Fitur unggulan
- Update Status/ Status terkini -> untuk menuliskan segala macam
yang ada dalam perasaan Anda; mengungkapkan keinginan Anda.
- Message/ Pesan -> untuk mengirim pesan ke
pengguna Facebook lainnya.
- Chat/ Obrolan -> untuk saling berbicara dengan
pengguna Facebook lain melalui tulisan secara langsung dan real time.
- Photos/ Foto -> Anda dapat meng-upload
foto-foto Anda; ruang untuk memasang foto
- Videos/ Video -> Anda dapat meng-upload video
Anda.
- Applications/ Aplikasi -> banyak aplikasi menarik yang
tersedia yang dapat Anda pakai untuk hiburan.
- Games/ Permainan -> banyak jenis permainan yang
dapat dimainkan dalam Facebook.
- Notes/ Catatan -> Anda dapat menulis catatan
untuk kemudian di-share dengan pengguna Facebook lainnya.
- Wall/Dinding -> Ruang tempat sesama pengguna
mengirimkan pesan-pesan terbuka.
- Poke/ Colek -> Sarana untuk saling 'mencolek' secara virtual
2)
Twitter
Twitter adalah layanan jejarig sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang
dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Di Twitter, pengguna tak terdaftar
hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa menulis kicauan
melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.
Fitur unggulan
Secara standar, kicauan (tweet) pengguna dapat
terlihat oleh umum, namun pengguna dapat membatasi pengiriman kicauan hanya
bagi pengikut mereka. Pengguna bisa "berkicau" melalui situs Twitter,
aplikasi eksternal yang kompatibel (seperti untuk telepon pintar), ataupun melalui layanan pesan
singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Layanan-layanan tersebut bersifat
gratis, kecuali layanan SMS, yang dikenakan biaya oleh penyedia layanan
seluler.
Pengguna bisa berlangganan kicauan pengguna lain dengan
cara mengikuti (follow)
pengguna yang bersangkutan, dan pengguna yang mengikuti tersebut akan menjadi
pengikut (followers) bagi
pengguna yang diikutinya. Sebutan lainnya adalahtweeps, singkatan dari Twitter dan peeps. Pengguna bisa memeriksa orang-orang
yang membatalkan pertemanan (unfollowing)
melalui layanan pihak ketiga. Selain
itu, pengguna juga bisa memblokir pengguna lain yang telah mengikuti mereka.
3)
Path
Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang
memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan
juga pesan. Penggunaan dari Path
ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan
keluarga dan teman-teman terdekat.
Fitur unggulan
·
Mengunggah Foto dan Video
Fitur
lain dari Path adalah foto dan video di mana pengguna dapat mengunggah foto dan
juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat
melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia. Untuk
unggahan video, pengguna dapat mengunggah video yang ada dengan batas waktu
tertentu. Mengunggah foto dan video dapat dilakukan dengan mengambil data yang
tersedia di dalam telepon seluler ataupun mengambil foto dan video baru.
·
Mengunggah Lokasi
Path memungkinkan pengguna untuk membagikan
lokasi berada dengan pengguna lain. Fitur ini dapat tersambung dengan jejaring
sosial Foursquare apabila pengguna memiliki akun di jejaring sosial tersebut.
Penandaan lokasi dilakukan dengan GPS yang terdapat di
dalam telepon seluler pengguna dan mengakses data dari lokasi yang tersedia
melalui Foursquare.
·
Musik, Film, Buku
Pengguna
Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang
ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna
lainnya. Data dari musik, film, dan buku dapat diambil dari arsip Path sendiri.
Pengguna terlebih dahulu mencari judul dari lagu, film, dan buku yang
diinginkan dan kemudian dipilih untuk dibagikan dengan pengguna lain.
·
Mengunggah Status
Fitur
ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah status yang diinginkan dengan
menggunakan huruf serta emoticon yang ada. Fitur-fitur Path ini dapat dilakukan
secara bersamaan dalam satu post.
·
Tidur
Fitur
ini menandakan bahwa si pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu
dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian. Pada saat
mode tidur sedang aktif, pengguna tidak dapat mengakses halaman Path sebelum
tombol bangun ditekan. Apabila pengguna mengaktifkan fitur ini maka akan muncul
status tidur di halaman pengguna sendiri dan pengguna lainnya. Demikian pula
halnya apabila tombol bangun ditekan kemudian.
·
Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain
Fitur
ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim
pesan secara pribadi kepada pengguna lain. Pengguna yang akan menerima pesan
haruslah terlebih dahulu menjadi teman dari pengguna. Pesan pribadi ini dapat
menggunakan huruf, emoticon maupun stiker yang dapat didapatkan dari fitur
belanja.
·
Komentar
Fitur
ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna
lain yang telah menjadi teman. Fitur komentar dapat digunakan untuk setiap
jenis momen yang ada seperti foto, status, musik, dll.
·
Emosi
Fitur
ini memungkinkan pengguna untuk menyatakan emosi yang merupakan tanggapan dari
setiap momen pengguna lain. Emosi yang dapat dipilih adalah “senyum”,
“berkerut”, “terkejut”, “tertawa”, dan “suka”. Setiap emosi yang dipilih oleh
pengguna lain atas momen yang diunggah akan terlihat pada momen tersebut.
·
Terlihat
Fitur
ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari pengguna lain yang
telah melihat momen yang diunggah pengguna. Setiap pengguna yang telah melihat
momen yang diunggah akan terlihat di bagian khusus dan dapat diakses oleh
setiap pengguna.
4)
Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang
memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong
foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Fitur unggulan
Mengunggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk
mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin
diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di
album foto di iDevice tersebut.
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram
dapat disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui
Instagram juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur
pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk
memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah foto diambil melalui
kamera di dalam Instagram, foto tersebut juga dapat diputar arahnya sesuai
dengan keinginan para pengguna.
Foto-foto yang akan diunggah melalui Instagram tidak
terbatas atas jumlah tertentu, namun Instagram memiliki keterbatasan ukuran
untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2
atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah
foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut terlebih
dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah
foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman
selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
Efek foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto yang
dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting fotonya.
Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster,
Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977,
dan Lord Kelvin. Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah menambahkan 4
buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan menghapus 3 efek,
Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para pengguna juga
dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek
tersebut.
Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan adalah tilt-shift yang fungsinya sama dengan efek kamera
melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan
sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi
panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya dengan
titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di sekeliling
titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat keburaman
pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut
5)
Youtube
Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah,
menonton, dan berbagi video.
Fitur
unggulan
Teknologi video
Playback
Menonton video-video YouTube di komputer pribadi
membutuhkan Plug-in Adobe Flash Player yang terpasang di penjelajah web. Plug-in Adobe Flash Player
adalah bagian perangkat lunak yang paling lazim terpasang di komputer pribadi
dan mencakup 75% video di Internet.
Pada bulan Januari 2010, YouTube meluncurkan versi uji coba
yang memanfaatkan kemampuan multimedia tertanam di penjelajah web yang
mendukung standar HTML5. Hal ini memungkinkan video ditonton
tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain. Situs YouTube memiliki halaman yang
memungkinkan penjelajah web beralih ke uji coba HTML5. Hanya penjelajah yang
mendukung video HTML5 dengan format H.264 atau Webm yang dapat memutar video dan tidak
semua video di YouTube dapat diputar.
Pengunggahan
Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas
durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan
mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam,
tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon genggam). Saat
YouTube diluncurkan tahun 2005, pengguna bisa saja mengunggah video panjang,
tetapi batas 10 menit diberlakukan pada Maret 2006 setelah YouTube menemukan
bahwa kebanyakan video yang melebihi panjang tersebut berupa acara televisi dan
film yang tidak diizinkan. Batas
10 Menit Tersebut Ditambah Menjadi 15 Menit Pada Bulan Juli 2010 Ukuran
berkas dibatasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web YouTube
atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.
YouTube menerima video yang diunggah dengan sebagian besar format kontainer, termasuk AVI, MKV, MOV . MP4,DivX, ,FLY dan .ogg dan ,ogy. Format video seperti MPEG-4, MPEG, VOB,
dan , WMV juga dapat diunggah. YouTube mendukung 3GP,
sehingga video bisa diunggah dari telepon genggam. Video
dengan pindai progresif atau terikat
bisa diunggah, tetapi untuk kualitas video terbaik, YouTube menyarankan agar
video pindai terikat di-deinterlace sebelum diunggah. Semua format video
di YouTube memakai pemindaian progresif.
Komunitas yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktivitas yang dilakukan
Komunitas yang terbentuk melalui sosial media tersebut beserta aktivitas yang dilakukan
Facebook
Komunitas
gamers : tempat berkumpulnya para gamers yang ada di seluruh Indonesia bahkan di
seluruh dunia. Contoh : Komunitas Dota 2 Gunadarma
Komunitas
jual beli : tempat bertukarnya informasi mengenai jual beli.
Instagram
Komunitas
organisasi : Menyampikan informasi berupa gambar tentang organisasi tersebut. Contoh
@ug_bemfikti
Dampak positif dan negatif yang terjadi
Dampak positif dan negatif yang terjadi
Dampak positif :
- Sebagai sarana mempererat
silaturahmi.
- Sebagai media penyebaran
informasi. Informasi yang up to date sangat mudah
menyebar melalui situs media sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit
setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut.
- Memperluas jaringan pertemanan. Dengan
menggunakan media sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja,
bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru
dunia.
- Sebagai sarana untuk
mengembangkan keterampilan dan sosial. Pengguna dapat belajar bagaimana
cara beradaptasi, bersosialisai dengan publik dan mengelola jaringan
pertemanan.
- Internet sebagai media
komunikasi, setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
- Media pertukaran data. Dengan
menggunakan jaringan situs-situs web para pengguna internet di seluruh dunia
dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
- Sebagai media promosi dalam
bisnis. Hal ini memungkinkan para pengusaha kecil dapat mempromosikan
produk dan jasanya tanpa mengeluarkan banyak biaya.
Dampak negatif :
- Susah
bersosialisasi dengan orang sekitar. Ini disebabkan karena pengguna sosial
media menjadi malas belajar berkomunikasi secara nyata. Hal ini
memang benar sekali, karena saya mempunyai teman yang sangat aktif di
sosial media, dia selalu memposting apa saja yang sedang dia kerjakan,
namun keadaan yang berbeda 180 derajat jika bertemu secara nyata. Orang
yang aktif di soaial media, jika bertemu langsung nyatanya adalah orang
yang pendiam dan tidak banyak bergaul.
- Situs
sosial media akan membuat seseorang lebih mementingkan diri sendiri.
Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena
kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Pernahkah kalian jalan-jalan
atau bepergian dengan seseorang, tetapi orang yang kalian ajak jalan malah
asik dengan ponsel dan sosial medianya sendiri?
- Tertinggal
dan terlupakannya bahasa formal. Karena pengguna social media lebih sering
menggunakan bahasa informal dalam kesehariannya, sehingga aturan bahasa
formal mereka menjadi terlupakan.
- Mengurangi kinerja. Karyawan perusahaan, pelajar,
mahasiswa yang bermain media sosial pada saat sedang mengerjakan
pekerjaannya akan mengurangi waktu kerja dan waktu belajar mereka.
- Berkurangnya privasi pribadi. Dalam sosial media
kita bebas menuliskan dan men-share apa saja, Sering kali tanpa sadar kita
mempublish hal yang seharusnya tidak perlu disampaikan ke lingkup sosial.
- Kejahatan dunia maya. Kejahatan dikenal dengan
nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam.
Diantaranya : carding, hacking, cracking,
phising, dan spamming.
- Pornografi. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Terkadang seseorang memposting foto yang seharusnya menjadi privasi dia sendiri di sosial media, hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi foto yang hanya di postingnya di sosial media disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Ilustrasi yang populer dipublikasikan
Facebook
Mengupload status
Mengupload status
Twitter
Mengupload
status
Path
Shared lokasi atau lagu yang sedang di dengarkan
Instagram
Upload foto
Youtube
Upload video
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar