Di zaman yang
serba modern ini, kita semua pasti sudah
mengenal apa itu gadget. Dari orang dewasa sampai anak-anak, di mana pun mata
memandang, pasti semua tidak bisa terlepas menggunakan benda tersebut. Tapi di
penulisan ini, saya akan lebih fokus membahas
tentang pengaruh gadget terhadap
anak-anak. Gadget disini dapat berupa handphone, tablet, notebook dan
sebagainya. Gadget seringkali membuat anak-anak cepat akrab dengan fitur-fiturnya . Tak jarang,
gadget dianggap sebagai momok bagi anak. Padahal,gadget sama dengan benda lainnya yang memiliki dampak
positif dan negatif.
Tahapan usia pada anak dalam memperkenalkan gadget
Dalam menyikapi
perkembangan teknologi saat ini termasuk
gadget, sebaiknya kita harus mengetahui waktu yang tepat dalam
memperkenalkan gadget kepada anak. Sebaiknya pemberian gadget dapat disesuaikan
dengan usia anak itu sendiri.
Usia 2 s/d 4 tahun
Pada usia ini seorang anak baru
bisa mengenali warna, dan bentuk. Orang tua wajib mendampingi anaknya ketika
berinteraksi dengan gadget. Hal tersebut
bermaksud agar memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada anak dan bisa
juga memperkuat hubungan antar mereka.
Usia 4 s/d 7 tahun
Diusia yang seperti ini anak mulai
melakukan eksplorasi sendiri. Dan sebagai orang tua harus bisa memberi batasan situs-situs mana yang boleh
dikujungi.
Usia 7 s/d 10 tahun
Pada usia ini, biasanya anak-anak
mulai mencari informasi diluar dari
keluarga mereka. Inilah saatnya dimana lingkungan sangat berpengaruh
pada anak tersebut. Dan biasanya mereka mulai meminta kebebasan dari oranng
tuanya. Anak-anak memang harus didorong
untuk melakukan eksporasi sendiri tapi tidak berarti tanpa adanya pegawasan orang tua.
Usia 10 s/d 12 tahun
Pada masa pra remaja seperti ini, banyak
anak membutuhkan kebebasan dan pengalaman.pada
usianya yang ke 12 tahun anak akan mulai mengasah kemampuan dann penalarannya
dalam berfikir sehinngga membentuk tingkah laku mereka sendiri. Mereka perlu
memahami bahwa tidak semua yang dilihatnya terutama di internet adalah benar
dan juga bermanfaat.
Usia 12 s/d 14 tahun
Disinilah anak mulai aktif
menjalankan kehidupan sosialnya. Bagi pengguna gadget, mereka hanya tertarik
pada gadget mereka. Disini peran orannng tua harus lebih berat yaitu menngawasi
dan mewaspadai anak mereka ketika menggunakan benda tersebut.
Usia 14 s/d 17 tahun
Masa yang paling menarik dan juga menantang dalam kehidupann remaja dan orang tua. Seorang remaja akan mulai matang secara fisik, emosi dan juga intelektual.
Masa yang paling menarik dan juga menantang dalam kehidupann remaja dan orang tua. Seorang remaja akan mulai matang secara fisik, emosi dan juga intelektual.
Dampak Positif dan Negatif Gadget
Seperti hal lain, penggunaan gadget
pada anak juga menimbulkan dampak positif dan negatif.
Dampak positif dari penggunaan
gadget pada anak:
- Mendapatkan informasi yang terbaru
- Meningkatkan kreatifitas pada anak
- Sebagai media membangun relasi
Dampak negatif dari gadget :
- Jika dibiarkan terus mennerus dapat menjadi penyebab antisosial
- Dapat membuat anak menjadi kecanduan untuk bermain ataupun melakukan hal lain dengan gadget
- Menjadi lebih agresif dan sulit dikendalikan.
- Membuat anak menjadi egois karna lebih mementingkan dirinya sendiri dan kurang memperhatikan sekitar.
Solusi untuk mencegah dampak negatif dari gadget
Tapi
jangan khawatir terhadap dampak buruk yang ditimbulkan oleh gadget, karna pada
orang tua bisa mencegah hal-hal negatif di atas dengan cara.
- Efektifkan waktu dalam menggunakan gadget. Salah satu kunci dampak buruk dari gadget adalah penggunaan yang berlebihan yang dapat menyebabkan kecanduan.
- Penuhi kebutuhan nyata anak. Anak memiliki kebutuhan pokok yaitu afeksi,naturalis,motorik,verbal linguisik. Orangtua harusnya menyajikan kebutuhan pokok anak dengan lebih menarik sehingga fokus kesenangan anak tidak hanya didapat di gadget. Misalkan berkemah dipantai selama satu hari tanpa gadget.
- Selalu mengawasi anak di dunia maya. Awasi anak setiap harinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh orang tua.
- Sosialisasikan aplikasi yang baik di dalam gadget. Untuk aplikasi yang cenderung berbahaya, beri pengertian bahwa itu hanya sekedar aplikasi dan tidak untuk ditiru.
Sumbber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar